Thursday, April 4, 2013

A Jobseeker's Story - Part 3

Sampai satu bulan kemudian, kata-kata bapak-bapak bos CNOOC masih terngiang-ngiang di kuping saya. “Kamu anak akunting tapi kegiatan ekstranya gak ada yang ada hubungannya sama akunting. Kamu sebenernya suka akunting gak sih?”

Saya sama ibu pernah merumuskan problema minat dan bakat versus realita yang saya derita. Ketika saya ngelamar-ngelamar buat jadi akuntan, sekolahnya cocok tapi working experience dan kegiatan-kegiatan ekstranya gak cocok. Ketika saya ngelamar di media, buat jadi fotografer atau reporter, working experience dan kegiatan-kegiatan ekstranya cocok, tapi sekolahnya gak cocok. Walaupun saya dianggap pinter karena IPK saya cumlaude dan psikotes saya hasilnya menunjukkan betapa saya potensial, CV saya emang bikin yang baca galau dan gak bisa ngerti saya maunya apa.

Sebenarnya, dari SMP saya udah pengen kuliah sastra atau komunikasi karena saya suka nulis dan senang berbahasa. Tapi ibu bilang kalo buat nulis doang gak usah kuliah juga bisa. Saya malah disuruh sekolah akunting dan saya manut—ya emangnya saya punya pilihan buat gak manut? Yaudah saya jabanin sekolah akunting. Tapi yang namanya hati emang gak bisa bohong, mau sekolahnya udah akunting di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada yang prestisius juga tetep aja saya gak “menjiwai” akunting. Saya hampir gak pernah ikut workshop yang berbau-bau akunting, ikutnya malah workshop menulis dan jurnalistik.

Waktu itu, umur saya udah 22. Udah lulus kuliah. Udah jadi sarjana ekonomi jurusan akuntansi. Mau sekolah S1 lagi di sastra atau komunikasi juga udah gak bisa—SPMB batasnya 3 tahun dari lulus SMA. Kalaupun bisa sekolah S1 lagi di universitas swasta misalnya, pas lulus umur saya udah 26, susah juga cari kerja karena kebanyakan batas umur fresh graduate S1 buat ngelamar adalah 25-an. So there is no going back :(( Satu-satunya jalan untuk memperbaiki CV saya biar jelas arahnya adalah dengan terjun lebih dalam lagi ke jurang perakuntingan. Sekolah lagi, sekolah akuntan. Ikut course brevet pajak atau ngambil profesi atau S2 akunting. Yang artinya, saya benar-benar akan menghabiskan sisa hidup mempelajari dan melakukan hal-hal yang sebenarnya gak saya suka dan gak saya inginkan T.T

Suatu pagi sebelum berangkat ke kantor, bapak sama ibu mengusulkan untuk konsultasi sama psikolog, tentang kenapa saya gak lolos-lolos interview baik HRD ataupun user. Selama ini kan kalau interview-interview gitu si interviewer bikin catatan yang saya gak bisa baca, nah harapannya dengan konsultasi sama psikolog yang bayar ini kita bisa simulasi interview ngelamar kerja gitu yang kita bisa dikasih liat catatannya, biar tahu apa aja yang gak sesuai sama yang dicari employer untuk diperbaiki.

Ini sebenarnya agak mengejutkan, mengingat betapa dulu bapak dan ibu gak percaya sama psikolog. Mereka bilang mana mungkin psikolog itu lebih tahu kita daripada diri kita sendiri? Sok tahu mereka, dst. Saya gak pernah diizinin ikut tes minat bakat dan tes-tes sejenis karena alasan itu dan merasa buang-buang uang. Sekarang, saya disuruh konseling. Di satu sisi saya dengan sangat senang hati mau-mau aja konsultasi sama psikolog. Tapi di sisi lain, saya merasa ini agak terlambat. Mungkin konseling ini akan memberi saya insight dan tips and trick buat tembus interview, tapi belum tentu bisa bikin saya “sehat” lagi karena saya tetap akan menjalani dunia perakuntingan yang sebenarnya gak saya minati.

Mungkin, usulan untuk konseling ini ada hubungannya sama obrolan ibu sama seorang dokter. Intinya ngomongin sekolah kedokteran lah, hingga sampailah pada si dokter nanya gini, “Tapi putra ibu sekolah kedokteran emang pengen kan? Soalnya banyak tuh temen-temen saya yang sekolah dokter tapi disuruh orang tuanya dan akhirnya gak kuat dan mental.”. Ah gila itu menohok bangets.

Apakah saya adalah satu dari sekian banyak orang yang mental? Tapi kenapa mentalnya baru sekarang dan dulu bisa lulus kuliah dengan IPK cumlaude? Tapi kalo diperhatiin IPK saya keangkat karena nilainya emang bagus-bagus tapi di pelajaran yang bukan akuntansi. Terus gimana dong? T.T Mungkin inilah pertanyaan-pernyataan yang si psikolog itu tahu jawabnya.

Bersambung...

2 comments:

  1. dan, kayaknya kamu harus bikin tulisan gimana perjalananmu di sekarang deh sa, appakkkaahhh sampe sekarang kamu masi ngerasa bahwa akunting adalah jurang penderitaan? wkwkwk

    ReplyDelete
  2. keknya ceritanya sama kayak raditya dika nih.. jodoh kali ya

    ReplyDelete