Saturday, November 13, 2010

Kado Digital

Sejak era globalisasi dimulai, digitalisasi terjadi secara masif di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saya melihat fenomena ini sebagai salah satu gerakan go green dan penghematan.

Contoh: kamera dan foto. Dulu, waktu belum ada kamera digital, buat punya foto aja harus beli film, nyetak fotonya, beli albumnya. Dan beberapa puluh tahun kemudian, kalo album fotonya belum hilang, gambar fotonya mungkin sudah hilang. Kalau mau dicetak lagi, belum tentu juga filmnya masih ada.

Sekarang, pas kamera digital sudah menjamur, mulai dari kamera hape sampe DSLR, biaya foto kayaknya cuma depresiasi dan maintenance kamera ajah :D Foto gak harus dicetak untuk bisa dinikmati. Cukup diunggah ke facebook atau friendster (haha) atau blog atau flickr atau deviantart atau tempat aplot-aplot foto lainnya. Malahan dengan begitu basically foto kita bisa dikonsumsi oleh seluruh dunia. Gahul!

Begitu pula dengan kado.

Dulu, kado ulang tahun buat sahabat tersayang dan pacar tercinta biasanya mahal dan gak ramah lingkungan. Ada yang bikin scrap book (ngabis-ngabisin kertas dan sepidol); ada yang bikin karikatur muka the birthday boy/girl trus dipigura (kalo ga bisa bikin karikatur dan piguranya sendiri musti bayar orang di perempatan Sagan); dan masih banyak lagi yang teman-teman pasti tau tipikal kado-kado so sweet. :)

Tahun 2007, kadonya masih "analog".
Dari pacar saya pada masa itu. Isinya: rahasia :P

Sekarang, dengan maraknya digitalisasi, kado-kado buat pacar dan sahabat pun digital! Hahaha. Secara wujud, emang ga semanis scrap book atau lukisan karikatur. Tapi itu tidak mengurangi rasa hormat (halah) dan esensi sweet dari pacar dan sahabat buat si anak ulang tahun. Sebab, kado-kado digital tetep bisa dibikin so sweet, dengan cara yang berbeda :D

Di hari ulang tahun saya yang ke-20 kemarin, (HAHAHA) saya dapet banyak kado digital :)

Voice notes galangan Clara yang dikirim pake Blackberry Messenger.
Saya ya baru tahu pas ulang tahun kemaren, di jaman blackberry orang kalo gak bisa ketemu ngucapin selamat ulang tahunnya pake voice notes hihihi.


Video "Anak Ilang" yang dibintangi oleh artis ibukota.
Kiri: 00:06. Masih senyum dengan cantik dan ganteng.
Tengah: 01:36. Mulai lucu. Gerakannya kompak kayak aerobik.
Kanan: 02:23. Ngawur. Udah mati gaya.

Snapshot video dari kutub utara.
Uploaded by request.

Beberapa kelebihan kado digital dibandingin kado analog (maaf ya ini maksa banget istilahnya hihi): lebih murah dan lebih ramah lingkungan karena gak pake beli-beli kertas ataupun plastik, lebih mudah disimpan dan dishare, dan lebih long lasting :) Ketika kado-kado analog udah mulai lapuk, kado digital tidak akan berkurang kualitasnya.

Tapi di balik kelebihan-kelebihan tersebut, kado digital juga punya kekurangan. Untuk mencapai tingkat sweetness yang sama, bikin kado digital relatif lebih susah dari kado analog. Karena kado digital sifatnya intangible, perlu konsep yang matang biar bisa jadi sweet dan maksudnya tersampaikan.

Tapi tenang saja. Gak usah sedih ataupun berkecil hati :) Sengawur apapun kado analog atau kado digital yang teman-teman bikin, si anak ulang tahun bakal sangat berterima kasih dan gak bakal protes kok hihihi. Selamat bikin kado! :)



Ps. #1: Sebenernya ada juga kado digital dari kakandanya Clara, tapi kata Clara jangan dibikin snapshot-nya soalnya pemalu heheh.
Ps. #2: Asik juga gak punya pacar. Dapet kadonya banyak hihihi.

3 comments:

  1. itu sensornya kayak korban2 yang di berita2 kriminal gitu haha

    ReplyDelete
  2. SASA, Happy birthday ya..
    maaf ya sa bru ucapin.
    Sukses terus, cepet lulus, dilancarkan segala sesuatunya.amin
    Happy birthday sasa.
    Ira

    ReplyDelete
  3. Gw malah merasa kayak sensor foto cabul gadis di kamar mandi clar hahaha

    IRA iya gapapa ra... Amin ya robbal alamin, semoga lo jugaa. Makasih ya iraaa (•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)

    ReplyDelete