Friday, November 9, 2012

A Jobseeker's Story - Part 1


Baiklah. Post ini bukan excuse, bukan defense, bukan apapun selain cerita kemana saya selama 9 bulan terakhir waktu-blog-annisa. Saya pernah ditantang teman saya juga, Nova, buat bikin episode mencari kerja kayak dia setelah akhirnya saya melepas status pengangguran selama beberapa bulan terakhir. Cerita yang sebenarnya cukup nelangsa dan membosankan, tapi sangat berharga buat pelajaran hidup.

Jadi begini ceritanya. Buat sebagian besar alumni FEB UGM jurusan akuntansi, dapet kerja abis lulus itu gampang. Malahan banyak juga yang bahkan belum lulus tapi udah dapet atau bahkan udah mulai kerja, di perusahaan idaman pula. Sayangnya, pada kesempatan ini saya gak termasuk yang sebagian besar itu. Dan dalam serial A Jobseeker's Story ini, saya akan berbagi pengalaman--sebenarnya berbagi kesalahan--biar kalau ada teman-teman yang baca bisa selangkah lebih maju dan gak harus melewati tahap menyedihkan ini :')

1. KPMG, Juli 2012.

Kantor akuntan publik (KAP) empat huruf ini adalah perusahaan pertama yang saya daftar. Kenapa? Karena satu, kantornya di Gedung GKBI, deket banget sama rumah, cuma 2 km kayak dari UGM ke Pogung. Dua, dari dapet matkul Audit 1 sama Pak Al Haryono saya emang bercita-cita jadi auditor. Dan tiga, sahabat saya Vani udah keterima disana dan saya jadi ter-encourage.

Kebetulan saya daftar KPRG beberapa hari setelah lulus sidang, dan tak lama kemudian dipanggil tes. Itungannya gak mendadak sih dari submit application nya, tesnya hari Senin dan saya diemail undangannya hari Kamis sebelumnya. Tapi karena waktu itu bulan Juli musim liburan sekolah, harga tiket jadi mahal abis. Dan demi mengejar kesempatan tes itu, tiket Batavia Air JOG-CGK seharga 800ribu rupiah pun dijabanin--tiket JOG-CGK termahal yang pernah saya beli seumur hidup.

Tes tahap pertama adalah tes bahasa inggris dan sedikit psikotes tentang kepribadian, yang ada 4 statement kita disuruh milih mana yang kita banget dan mana yang bukan kita banget, dan alhamdulillah lolos. Tes berlanjut ke tahap kedua yaitu interview user, saya lawan dua orang interviewer ditanyain teknis audit banget mulai dari definisi audit sampai kas opnam. Susah, ujian kompre audit gak ada apa-apanya. Agak deg-degkan juga takut gak lolos, tapi alhamdulillah ternyata lolos ke tahap berikutnya sekaligus tahap terakhir yaitu interview partner.

Partner interviewer-nya cuma satu. Saya inget banget namanya Mr Eric karena mukanya mirip sama ikan-ikan figuran di kartun Spongebob. Interviewnya singkat, kejam, dan sarat makna. Cuma 2 pertanyaan yang dia lontarkan. Satu, apa definisinya kas dan setara kas, dan dua, tentang rekonsiliasi. Semuanya saya gak bisa jawab. Udah mengarang indah tapi karangannya masih salah. Lalu Mr Eric menjabat tangan saya, "Sayang sekali kalau begitu kita belum bisa bekerja sama kali ini." Gak apa-apa mister... *lalu saya meninggalkan ruang interview dengan backsound reffnya Sheila on 7 - Berhenti Berharap*

Walau demikian, sebenarnya si Mr Eric ini baik hati. Dia ngasih tahu junior auditor itu bakal ngaudit kas sama fixed asset, makanya materi yang dia tanyain itu. Mr Eric nyuruh saya belajar itu kalau dipanggil tes KAP-KAP lagi, dan lebih menjiwai auditing mulai dari definisinya. Okay mister! :D

2. Telin, masih Juli 2011.

Telin adalah salah satu anak perusahaannya Telkom. Sampai sekarang saya gak paham produknya Telin apa, dia dapet revenue dari mana, saya bahkan lupa kenapa saya ngelamar Telin. Gak heran sih, anak perusahaannya Telkom emang banyak buanget, mulai dari yang gak terkenal sama sekali seperti Telin dan Metra (gak tahu kan situ? :P) sampai yang ngetop banget kayak Telkomsel. Ini memang agak sesuatu, abis paginya saliman 'kita belum bisa bekerja sama' sama Mr Eric, siangnya dipanggil Telin buat interview.

Yasudah saya diinterview langsung oleh enam apa tujuh orang gitu, yang terdiri atas orang HR, dan beberapa user. Kali ini pelajaran AKL, konsolidasi (soalnya Telin kerjaannya ngonsol-ngonsol gitu deh). Terus disuruh bikin jurnal penjualan periodik sama perpetual, disuruh nulis di papan tulis dan jelasin a la Ibu Zuni Barokah. Gila gila.

Alhamdulillah bapak-bapak itu menyukai saya dan menganggap saya mampu, dan pada kesempatan itu juga saya langsung ditanya mau gaji berapa. Berdasarkan background serta IPK saya dan mengingat si Telin ini masih anak perusahaannya Telkom yang saya anggap bonafit dan kaya raya, saya langsung jawab A juta. Terus bapak itu nanya kalau gak A juta mau apa enggak? Lalu terjadilah tawar menawar, yang kesimpulannya saya udah mau turun sampai 0.7A, tapi si Telin bisanya (atau maunya) nggaji saya cuma 0.5A.

Saya lalu pikir-pikir. Pertama, saya nggak mau merusak pasar almamater. Saya tahu gaji di KAP Big 4 itu berapa, jadi menurut saya gaji minimum alumni akuntansi UGM harus segitu. Kedua, harga diri dong. Saya udah susah-susah masuk UGM, kuliah sampe dapet IPK lumayan, masa gajinya cuma 0.5A? Ketiga, uang sangu saya dari orang tua selama tinggal di Jogja aja 0.6A, kalau terus kerja gajinya gak lebih gede dari itu berarti kuliah saya gak ada value added nya dong? Huhuhu. Akhirnya, saya nggak mau digaji sebesar 0.5A.

Setelah interview Telin, saya males daftar-daftar dan ngirim-ngirim lamaran lagi. Mungkin karena gak ada motivasi. Tiga bulan habis lulus masih disubsidi ayah ibu. Tempat tinggal masih sama orang tua, enak kamarnya ber-AC, rumahnya di tengah kota, kemana-mana gampang mau naik bis banyak nyetir juga deket. Mobil udah ada. Duit di tabungan juga masih cukup buat beli bensin, kongkow-kongkow sama temen, dan kebutuhan-kebutuhan wajar lainnya. Emang ngawur banget sih tapi begitulah adanya saya dulu. Sampai akhirnya saya mau ngelamar-ngelamar kerja lagi karena tabungan semakin menipis, dan (as always~) karena ketemu seorang pria.

Kalau sahabat saya bilang, "Hobilo kan tergantung cowok yang lagi lo sukain, Sa. Kalo suka sama cowok yang seneng sepedahan lo juga seneng sepedahan. Kalo lagi naksir sama anak band lo jadi sering main gitar. Kalo suka sama cowok yang hobi foto lo juga jadi hobi foto. Sekarang lagi PDKT sama cowok yang seneng kerja lo jadi rajin cari kerja ya, Sa :P" Yeah she knows me so well :3

Bersambung! :D

3 comments:

  1. Tak kau coba kah oil service company Nda? Biasanya meraka butuh orang sepertimu untuk bussiness consultant mereka.

    ReplyDelete
  2. Kalo buat magang akt yg recomended dimana ya ?

    ReplyDelete