Saturday, March 25, 2017

Julywood

Foto-foto oleh Wirawan Agahari



Pengenalan Istilah
HME: Himpunan Mahasiswa Elektroteknik, kalau di FEB UGM setara dengan IMAGAMA, IKAMMA, dan HIMIESPA
Julywood: Tema Wisuda Juli 2012 HME
Sabuga: Sasana Budaya Ganesha, hall serba guna, kalau di UGM tuh Grha Sabha Pramana

Sekitar satu bulan yang lalu, teman saya Zaldy "My Hero" alhamdulillah wisuda. Sebuah kehormatan diundang ke wisudaannya Si Abang Ganteng, S.T.. Saya pun mengajak serta Clara dan Intan menyaksikan arak-arakan wisuda ITB, terutama arak-arakan wisudanya HME, yang luar biasa.

Singkat cerita, pukul 15.00 akhirnya kami tiba di ITB, setelah 4.5 jam mengarungi kemacetan di jalan tol Cipularang, kebablasan exit Pasteur sampai Pasir Koja, dan hampir putus asa cari parkir di ITB-nya. Salah memang berangkat ke Bandung jam setengah sebelas siang. Kami jadi melewatkan sesi foto sama Zaldy pake toga di Sabuga :'((

*yah sedih lagi deh*

Untungnya kami masih kebagian nonton (atau ikut sih lebih tepatnya) arak-arakan wisudanya HME, yang prosesinya seru banget sebagai berikut:

1. Yel-yel.
Pada umumnya, opening arak-arakan ini dilakukan di basement depannya Perpustakaan Pusat. Massa arak-arakan datang dari tunnel yang menghubungkan Lapangan Saraga dengan Kampus ITB, lalu yel-yel dan beratraksi dengan kostumnya yang lucu-lucu sesuai tema masing-masing. Barulah habis itu wisudawan dan wisudawatinya menyusul, masih rapi pakai jubah toga dan jas atau kebayanya, mulai jalan keliling kampus.

Tapi HME beda. Di basement depannya Perpustakaan Pusat, massanya HME cuma lewat doang. Kayaknya karena kebanyakan orang jadi gak muat, jadi pembukaan arak-arakan wisudanya HME ini dilakukan di lapangan depannya Gedung Serba Guna alias GSG.

Massa HME bersiap-siap menyambut kakak-kakak wisudawan dan wisudawati.

Akhirnya datang juga!
Selain itu, wisudawan dan wisudawati HME arak-arakan udah gak pake jas / kebaya sama toganya lagi. Soalnya nanti ada prosesi yang brutal.



Yel-yel.

2. Yel-yel lagi, sambil parade keliling kampus.

Julywood.

Kibar-kibar bendera HME.


Massa HME dan para wisudawan dan wisudawati. Rame gila.



3. Hiburan.
Setelah arak-arakan keliling kampus, tibalah saatnya untuk menyaksikan persembahan dari adek-adek angkatan (yang lagi diospek) :D Sesuai tema wisuda kali ini, Julywood, anak-anak HME angkatan 2011 bikin parodi film-film dan artis-artis hollywood.

Ada Michael Jackson...

...Lady Gaga...
...Superman(!)...

...dan yang paling the best Titanic :D

Selain itu ada juga parodi Twilight, adek yang kekar berotot jadi Jacob, terus yang agak cakep jadi Bella, dan yang putih pucet jadi Edward. Ada juga Charlie Chaplin, Snow White dan tujuh kurcaci, boneka Gojira, dan masih banyak lagi. Pokoknya seru banget dan niat banget, lucu banget seneng nontonnya :D

4. Setrum-setrum dan siram-siraman air comberan.
Pemandangan pas prosesi ini menurut saya agak lucu, karena ini sebenernya lagi wisuda tapi kelihatannya malah kayak lagi diospek: para wisudawan duduk baris di tengah lapangan, dikelilingi para penonton di sekelilingnya, lalu beberapa dari mereka sebagai perwakilan dipanggil ke depan untuk disetrum, literally. Jadi ada aki dan kabel yang ujungnya kayak kepala solder tapi gede, besi yang buat nyetrumnya bisa digenggam tangan. Perwakilan wisudawan disuruh megang itu, lalu dialiri listrik. Dugaan saya listriknya cukup menegangkan tapi gak sampe melukai, tapi saya gak bisa bayangin rasanya kayak gimana.

Habis disetrum, para wisudawan siram-siraman air comberan, yang dicampur telor, dan zat-zat berbau menyengat lainnya. Saya pengen moto Zaldy pas lagi berlumur cairan itu, tapi dia entah kejar-kejaran sampai mana sama para wisudawan lain, dan saya takut juga kalau dia jahil dan meperin air baunya juga ke saya. Tapi percayalah, airnya bau banget. Sampai jam makan malam, habis mandi entah udah keramas berapa kali, Zaldy masih bau comberan campur bau amis gak jelas~~~

--- 

Post ini ditulis sekitar bulan Juli tahun 2012 dan harusnya dipublish as soon as possible, pas uforia Julywood-nya masih bertebaran di udara, dan Zaldy masih jomblo. Sekarang Zaldy-nya dah kawin, dan sayangnya bukan sama saya. Saya bener-bener gak ingat kenapa dulu gak dipublish, jadi yaudah ini jadi super late post dan major throwback aja hahahahaha ^_^v

No comments:

Post a Comment