Sunday, January 17, 2010

Mengapa Orang Bersedih

Sabtu kemarin saya kedatangan teman dari Bandung: Chacha, Adi, dan Gaby. Saya bisa memaklumi kalau anak-anak Bandung ini gak pernah liat candi. Jadi pas mereka bilang pengen ke Borobudur dan Prambanan, dengan penuh kebaikan hati saya pun langsung nawarin untuk nganterin. (Soalnya mereka tadinya pengen pergi sendiri pake nyewa mobil segala. Nyewa mobil kan mahal.)

Di Borobudur, saya pun menceritakan sedikit filosofi candi keajaiban dunia itu dengan sotoynya, hahaha. Bentuk candi dan bolongan stupa di Borobudur itu sebenarnya menggambarkan ajaran Buddha untuk mencapai nirwana, yaitu keadaan di mana manusia udah bahagia dengan sempurna karena udah ga ada lagi penderitaan dan keinginan.

Bentuk bolongan stupa-stupa di candi Borobudur itu dianalogikan dengan keinginan manusia. Bolongan berbentuk wajik di stupa-stupa di 2 level bawah itu menggambarkan keinginan manusia yang banyak dan macem-macem. Lalu ketika manusia udah bisa mulai menekan keinginannya, manusia naik level dan makin dekat dengan nirwana, yang digambarkan dengan bolongan stupa yang bentuknya persegi (persegi dianggap leih simpel dari wajik) di level yang lebih tinggi dari stupa yang berbentuk wajik. Akhirnya, stupa utama di Candi Borobudur, yang paling besar dan paling atas, menggambarkan nirwana, ketika manusia udah bisa bahagia sempurna karena ga punya keinginan lagi.

Ki-ka: saya, Adi, Chacha, Gaby

Kenapa bisa begitu? Karena sebenernya yang bikin orang itu bersedih dan gak bahagia adalah adanya gap antara harapan dan kenyataan. Kalo menurut ajaran Buddha, untuk memperkecil gap tersebut, manusia harus menekan keingininannya sampai hilang. Kalau manusia udah ga punya keinginan lagi, berarti udah ga ada lagi kan gap antara harapan dan kenyataan?

Ajaran Buddha ini beda sama ajaran Islam. Ketika ajaran Buddha menyuruh manusia untuk menekan keinginan, ajaran Islam justru menyuruh manusia untuk berusaha sekuat tenaga untuk mencapai keinginan itu. Tapi sebenernya golnya sama: menghilangkan gap antara harapan dan kenyataan :)

Kalau menurut saya, pendekatan menuju bahagia cara Buddha dan cara Islam ini sama-sama baik tergantung circumstances-nya. Contoh: kita berusaha sekuat tenaga untuk mengejar cinta, untuk bisa merebut perhatian sang pujaan hati. Ketika rasanya kita udah mengerahkan seluruh kemampuan, melakukan pengorbanan jiwa dan raga tapi orangnya cuek-cuek aja, kayaknya kita harus mulai menekan keinginan. Biar gak setres gara-gara cintanya bertepuk sebelah tangan :D Makanya di ajaran Buddha ada meditasi segala kan. Nyambung juga itu buat ngilangin setres hahaha.

Setelah puas berfoto di stupa-stupa yang menceritakan perjalanan manusia menuju nirwana itu, saya, Chacha, Adi, dan Gaby pun segera cabut untuk meneruskan perjalanan ke Candi Prambanan. Dalam perjalanan keluar dari kompleks candi menuju tempat parkir, saya, Chacha, Adi, dan Gaby kesasar dan agak panik sampe duitnya Chacha ilang 50ribu karena jatoh dimana dan ga sadar. Kayaknya tempat parkir di objek wisata Candi Borobudur harus ditambahin rambu-rambu dan petunjuk jalan dan tempat parkirnya dinomerin kayak di Amplas hahaha.

Ps. saya senang melihat perkembangan manajemen taman wisata candi. Candi-candinya terawat, dan kompleks sekitar candinya berkembang, contohnya sekarang ada museum macem-macem di kompleks candi dan museum itu dipublikasi dan dipromosikan. Hasilnya: banyak orang yang pada mampir. Saya pun sebenarnya penasaran, tapi karena kemaren waktunya tight, jadi gak sempet mampir. Kapan-kapan pengen deh ke Borobudur sama Prambanan tapi nyamperin museumnya ga nyamperin candinya hahaha.

Bukti lain pengelolaan taman wisata candi makin baik, makin banyak familiarity antara Borobudur dan Prambanan. Kayak boulevardnya, trus ada arena bermainnya, kereta mininya, dan masih banyak lagi. Itu terlihat konsisten dan well-organized. Satu terobosan yang menurut saya signifikan adalah promosi yang gencar tentang Ratu Boko.

Di Prambanan dipasang foto-fotonya Ratu Boko, trus ada juga petugas yang toa-toa paket Prambanan-Ratu Boko naik shuttle. Kalo HTM Prambanan doang atau Ratu Boko doang 15 ribu pas weekdays dan 17.5 ribu pas weekend, kalo HTM Paket Prambanan-Ratu Boko cuma 25 ribu pas weekdays dan 30 ribu pas weekend. Bagus kan pricing nya. Orang jadi tertarik ke Ratu Boko juga. Buktinya Chacha, Adi, dan Gaby jadi pengen ke Ratu Boko. Itung-itung biar sekalian. Dengan begitu, selain orang jadi tau ada keraton Ratu Boko, jumlah pengunjungnya juga terus meningkat.

Selain itu juga promosi Ramayana Ballet. Saya inget banget tahun lalu petunjuk jalan menuju Ramayana Ballet itu kecil dan nggak jelas, orang gak bakal notice. Sekarang di deket jembatan sungai yang deket Prambanan, udah ada tuh petunjuk jalan Ramayana Ballet belok sini, bareng sama petunjuk jalan Ratu Boko ke sana, Prambanan lurus. Orang jadi aware.

Saya jadi pengen beli sahamnya PT. Taman Wisata Candi :D

11 comments:

  1. iya sa, parkirannya emang rebek banget! setuju gue kalo itu emang mesti dibenahin!
    tapi kemaren kan gue belom sempet ke amplas, jadi ga tauuu.. =(

    kalo masalah gap itu sa, menurut gue, yang perlu ditekan itu bukan keinginannya, tapi nafsu. ya ga?
    karena gue mengartikan nafsu itu ke arah yang negatif, yang ga diimbangin sama kemampuan diri. kalo masalah punya keinginan besar, menurut gue wajar sa..
    biar ada usahanya juga.
    ngapain dong manusia capek2 hidup kalo ga ada keinginan yang mau dicapai? hidupnya bakal datar2 aja sa..
    tapi ini prinsip gue looo..jangan disamaratakan.haha

    ReplyDelete
  2. ya parkiran amplas sama aja ca sama parkiran mol2 pada umumnya haha. yang ada B-1A dll di tiang2nya itu. tapi kan jadinya inget dan tau harus nyari ke arah mana hehe.

    nahh itu dia ca. usahanya kan bisa 2: usaha untuk mencapai keingingan, atau usaha untuk menekan keinginan, untuk ngilangin gap nya :D kalo elo berarti pake approach yang pertama ca. kalo gue sih fleksibel, apalagi yang berkaitan sama mas2 angkot itu hahahahaha

    ReplyDelete
  3. hmm..
    mungkin sebenernya karena gue bukan orang yang sabar kali ya saa.. jadi agak susah buat menekan keinginan gue.
    tapi bedanya usaha tipe 1 (menekan keinginan) dengan tipe 2 (berusaha lebih berat)itu dihasilnya aja sa.
    kalo gagal, tipe 2 itu lebih sakit jatohnya. ya kan?
    hahahaha

    ReplyDelete
  4. FYI parah banget dah candi borobudur masa kemaren bapakku udah jauh2 nyepeda ke borobudur dari jogja eh sepeda ga boleh masuuuuukkkkk!!!! apa2an tuh sombong banget. deskriminasi. masa yang boleh masuk kendaraan bermotor doang -.-

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. sasa,tolong hapusin komen ku di atas ya... aku salah login
    T_T

    .ini dinidini
    doh!

    ReplyDelete
  7. hihi, sudah berhasil aku hapus sendiri :P

    jadi pengen ke borobudur juga deh
    terkahir ke sana jaman SD
    huheh
    nice post :)

    ReplyDelete
  8. @mba dini: horee hahaha :D sokk atuh mba ke borobudur, naik sepeda mba! kemaren bapakku ke borobudur naik sepeda. tapi trus ga boleh masuk, jahat ya?

    aku malah pengen ke imogiri mba, belom pernah aku ke makam raja2 yang terkenal itu hihihi

    ReplyDelete
  9. Loh-loh-loh.... kenapa saya baru baca postingan ini sekarang, ya?

    wew, tapi suka bangaet ama tulisanmu yg tentang pembahasan stupa borobudur itu, haha...

    ReplyDelete
  10. uoo aku kemarin baru dari prambanan. ikutan paket prambanan-boko dianterin gitu gratis. asoi. prambanan juga sekarang banyak berbenah walaupun candinya ga banyak yang dibenerin.

    tapi harus coba solat di masjid 2 milyar depan prambanan :)

    ReplyDelete
  11. @navan: lho lho lho aku juga kok baru baca komennya ya hahaha makasih navan :) aku jadi maluu

    @amel: haa? di depan prambanan mananya mel mesjidnya? di dalem kompleks candi apa diluar?

    ReplyDelete