Saturday, June 4, 2011

Oh Panggung - Bagian I

Sheila on 7
Ada teman yang bilang, wajar kalau fotografer perempuan--kali ini: saya--suka foto panggung. Pasalnya, orang-orang di atas panggung itu kebanyakan laki-laki, dan biasanya ganteng. Sama kayak kenapa banyak fotografer laki-laki suka foto model.

Well, yang teman saya bilang itu gak salah, tapi gak sepenuhnya bener juga. Pertama, foto panggung jelas bukanlah foto model berlatar panggung. Dan kedua, yang difoto di panggung itu performers (musisi, penari, pemain teater, dll), bukan model yang bisa kita atur baju dan gayanya. Jadi gak bisa dianalogikan, apalagi disamaratakan, terutama mengingat betapa bedanya besar perjuangan yang harus dilakukan buat moto panggung dan moto model.

Kalau ditanya kenapa saya suka foto panggung, saya akan jawab karena saya senang moto panggung :D

Buat saya, foto panggung, terutama panggung musik, adalah implementasi komprehensif hobi musik dan fotografi. Sadis kan bahasanya, haha. Tapi ini beneran. Mungkin saya udah ga bisa lagi jadi anak band kayak jaman SMA, berdiri di atas panggung main gitar bawain lagu-lagunya Arctic Monkeys dan Franz Ferdinand. Tapi dengan jadi fotografer panggung, saya tetap bisa berkarya di panggung yang sama dengan anak-anak band, naik-naik panggung juga, tapi kali ini bawa kamera, moto.

Percayalah, saya tidak selabil yang teman-teman bayangkan karena (keliatannya kayak) suka gonta-ganti hobi tiap berapa bulan sekali. Saya memang masih mencari jati diri--eaaa--tapi ini bukan hobi baru. Saya sudah suka musik sejak dalam kandungan (lebai abis), dan sudah moto panggung sejak kelas 2 SMP (walaupun fotonya masih abal).

Mungkin ini terdengar agak childish, seperti saya gak ingin tumbuh dewasa. Karena normanya gak seharusnya mahasiswi akuntansi berusia 21 tahun yang sedang menunggu jadwal sidang skripsi dan ujian kompre mikirin panggung yang sering diidentikkan dengan "hura-hura". Tapi ini passion, kayak temen-temen yang suka desain, nulis, dan traveling. Gak salah kan?

6 comments:

  1. Oh landscape, :D

    bener banget, tingkat pengorbanannya sama sekali tidak bisa disamakan dengan, uhuk nun sewu, fotografi model cewek yang biasanya cantik, bajunya ketat, buka-bukaan, dan sering pake hot pants, uhuk uhuk sekali lagi nun sewu buat fotografer model, hahaha

    ReplyDelete
  2. Nova kepingin tapi takut dosa yaaa :P ga semua foto model kayak yg kamu bilang kok nov, justru foto model yang gaul malah enggak begitu ☺ eh kok jadi ngomongin foto model sih. Kamu bikin dong nov Oh Landscape hahahaa

    ReplyDelete
  3. waah sudah menemukan fokus di fotografi rupanya! great! :)
    berpindah2 hobi gapapa kok mbak, toh kita masih muda ini. mungkin bukan berpindah hobi sih ya, tapi memperbanyak pengalaman. smakin jago di banyak bidang, semakin oke dong!
    Tapi kalo jago dibanyak bidang, tidak akan se-fokus dan seahli kalo kita jago di satu dua bidang saja.

    Eh, sudah liat video Lentera Jiwa nya Nugie belum? Baguuus mbaK!

    ReplyDelete
  4. ibu guru annisa sudah menemukan jati dirinya... ayo sa buruan ke jakarta ntar gw temenin nonton2 acara musik disini

    ReplyDelete
  5. Nah justru karena aku jarang banget nemu fotografer model yang gaul sa, aku mau si, tapi modelnya ntar istriku sendiri pake jilbab besar buat cover KCB 2, wkwkwk, ok, nanti aku buat oh landscape deh,...

    ReplyDelete
  6. @kinkin: hahaha iyaa menambah pengalaman, biar gaul :D belom kin, belom ol pake leptop lg soalnya (‾⌣‾)♉ Pasti gaul videonyaa

    @clara: kalo lo dah menemukan jati diri beloms? JAVA ROCKIN' LAND \m/

    @nova: azeeek ya cepetan punya istri dong kalo gitu nov ihiiiy

    ReplyDelete