Sunday, August 14, 2011

JRL 2011 - Bersenang-senang Kemudian

The Changcuters

Kalau kata pepatah, there's always a first time for everything. Di JRL 2011, saya ngalamin banyak first time yang seru banget dan sangat berharga. Salah duanya adalah ini.

1/ Untuk pertama kalinya bertugas nulis dan tulisannya diedit orang.

Blog saya memang mati suri hampir dua bulan lamanya, tepatnya sejak sebelum saya ujian skripsi dan kompre. Tapi blog saya mati bukan berarti saya berhenti nulis lho. Sebelum ngeliput JRL, saya sempat ngeliput sebuah pagelaran orkestra. Di pagelaran orkestra itu, saya terbang solo untuk pertama kalinya: moto dan nulis, dan itulah pertama kalinya saya nulis liputan *koprol*. Tulisan (pertama) saya ini bebas merdeka, gak pake diedit abang-abang. Senang. Ini linknya.

Nah, karena partner liputan JRL saya adalah Kak Rio yang fotografer profesional, Kak Rio lah yang bertugas moto dan akibatnya, saya yang bertugas nulis. Akhirnya, setelah bertapa berjam-jam dan dikejar-kejar deadline, jadilah lima liputan ini:

Sheila on 7, hari pertama di Simpati Stage jam 19:15
30 Seconds to Mars, hari pertama di GG InterMusic Stage jam 00:45

Godbless, hari kedua di GG InterMusic Stage jam 18:00
The Cranberries, hari kedua di GG InterMusic Stage jam 23:00
Helloween, hari ketiga di GG InterMusic Stage jam 21:45


It's not much, but it's a start ^.^v Dari 5 tulisan itu, 4 diedit. Yang paling parah editannya adalah Sheila on 7. Itu kayak bukan tulisan saya!!! T.T Dan 1 yang gak diedit sama sekali: Cranberries.

Tulisan diedit orang itu rasanya antara senang dan sedih~ senang karena biasanya tulisannya jadi lebih bagus, tapi sedih karena kadang-kadang jadi "nggak-gue-banget" gitu. Trus kalo temen-temen gak suka judulnya jangan protes ya, judulnya bukan saya yang bikin soalnya... saya belom bisa bikin judul macam itu hahaha.

2/ Untuk pertama kalinya nonton festival rock internasional.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya gila juga: orang-orang yang masuk JRL niket itu bayar rata-rata 300ribuan loh. Artinya, mereka adalah orang-orang yang relatif kaya--atau minimal orang tua mereka kaya. Tapi mau kaya kayak apa juga, when it comes to festivals, tetep aja mereka berdesak-desakan, jotos sana-sini, dan bercucuran keringat. Mbak-mbak cantik yang pakai hot pants dan atasan you-can-see harus rela kulit halusnya bersenggolan dengan kulit orang lain yang plicket. Rambut mereka yang panjang nan indah bak bintang iklan sampo pun jadi berantakan dan mencuat sana-sini. Jadi semacam kayak di hadapan Tuhan, di hadapan panggung festival semua orang juga sama--mulai dari yang jutawan yang masuknya niket 300ribuan per hari sampai yang wartawan yang masuknya gratis pakai ID "PRESS"--semuanya jadi jelek! Hahaha~


Sebelum JRL, saya gak pernah mau tuh nonton konser yang harga tiketnya ratusan ribu apalagi jutaan kalau bayar sendiri. Saya pikir gak worth. Tapi setelah ngerasain JRL, I take back what I just said. Menurut saya, buat semua orang yang suka musik, atau artisnya, atau bahkan hingar bingarnya, main ke JRL itu adalah vacation--sama kayak orang yang seneng traveling mengisi liburannya dengan jalan-jalan. Sama-sama mikirin budget (nabung dulu buat beli tiket JRL = nabung buat beli tiket pesawat/kereta/bis/kapal etc.). Sama-sama bikin itinerary (bikin jadwal mau nonton siapa di panggung apa jam berapa = mau datengin tempat apa kapan). Dan pastinya sama-sama bikin kaki gempor (tapi kayaknya JRL lebih bikin kaki gempor sih).

Tapi namanya juga vacation yah, meski melelahkan JRL sangatlah menyenangkan! Sebuah pengalaman yang bisa diceritakan minimal jadi tiga post di blog ini. Yang ngangenin, bikin kebayang-bayang dan ketagihan--an experience you wouldn't fine anywhere else!

Saya sempet mikir pengen nabung duit dari sekarang biar bisa ke JRL tahun depan niket, atau jadi volunteer apa gitu, mengingat betapa capeknya ngeliput. Tapi setelah pikir-pikir lagi, niket atau jadi volunteer juga kayaknya capek kalo dateng tiga hari, so... instead of saving money, saya kayaknya mau nabung ilmu aja biar bisa bikin liputan JRL 2012 yang jauh lebih baik dari tahun ini :)

Ps. SAYA SENENG BANGET LHOOO PUNYA FOTONYA CHANGCUTERS HIHIHI

2 comments: