Saturday, August 6, 2011

JRL 2011 - Riwayatmu Dulu

Pada suatu hari, seorang teman di Jakarta mengirim pesan kepada saya melalui BlackBerry Messenger. Suatu hari itu adalah awal Juni, ketika saya masih menetap di Jogja, sedang giat-giatnya belajar buat ujian skripsi dan kompre. Dan teman itu adalah Kak Rio, seorang fotografer profesional yang saya kenal pas OTBA. Di BBM-nya itu, Kak Rio mengajak saya ngeliput Java Rockin' Land 2011. Saya senang luarrrrrr biasa, sebelum beberapa detik kemudian saya galauuu (¯―¯٥)

JRL adalah tanggal 22, 23, dan 24 Juli. Saya memang belum punya rencana apa-apa dan kalau berdasarkan agenda saja saya bisa langsung mengiyakan. Masalahnya adalah: bulan Juni itu saya ujian skripsi dan kompre, yang subsequent events-nya menentukan kemaslahatan di bulan berikutnya. Kalau tidak lulus: saya harus ujian lagi di bulan Juli buat ngejar wisuda Agustus--dan mungkin saja ujian ulangan itu jatuh pada tanggal 22. Kalau lulus: mungkin saja rumor wisuda dimajuin jadi bulan Juli itu jadi nyata dan saya harus wisuda bulan Juli--yang juga belum pasti tanggalnya. Sebuah dilema tingkat akut.


Saya harus memutuskan dalam tempo satu jam. Sebab, pendaftaran media non partner akan segera ditutup dan
indonesiantunes--media dimana Kak Rio bergabung untuk menyalurkan hobi musiknya--belum ngumpulin nama reporternya yang ngeliput JRL. Akhirnya, setelah semedi dan berdiskusi sama ibu dan teman-teman, saya ngeemail Kak Rio scan-an KTP dan foto buat dikumpulin ke panitia JRL dan dibikinin free passnya--it's a yes.

Sejak itu, saya belajar semakin keras, berdoa semakin ganas (apasih), biar bisa lulus jadi sarjana sekali ujian saja, biar wisuda tetep Agustus gak dimajuin jadi Juli, biar semua acara perwisudaan dan perJRLan berjalan ideal sesuai rencana. Sampai akhirnya tibalah tanggal 22 Juni... yang kemudian menjadi hari saya melepaskan status mahasiswa dan secara resmi berkontribusi pada angka pengangguran negara.


Alhamdulillah Annisa, S.E.

Bersambung...

2 comments: