Wednesday, October 27, 2010

Lombok, 8-10 Oktober 2010 (Bonus Track)

Sebenarnya ini masih bagian dari cerita Lombok yang ada di fesbuk. Tapi pas dibaca-baca lagi rasanya sumbang, jadi dipisahin aja hehe.

The Lounge

Hampir semua bandara di Indonesia punya executive lounge. Bahkan di Bandara Selaparang Mataram yang sekecil itu juga ada. Ada tiga malah. Yang satu buat member Sheraton, yang satu punyanya Garuda Indonesia, yang satu lagi buat umum namanya El-John (namanya gahul!). Penasaran, saya masuk ke El-John dan syok! Gak perlu saya ceritain detailnya, intinya not recommended.

Di Surabaya, ada Singosari Executive Lounge. Ini lounge gede banget, yang paling gede yang pernah saya datengin. Makanannya oke, gak kayak di El-John, haha. Tempatnya nyaman remang-remang, sampe ada engkoh yang tidur nyenyak di sofa udah kayak di rumahnya sendiri. Singosari Lounge menyenangkan kecuali ramainya. Agak deg-degkan takut ga dapet tempat duduk.

Di Jogja sendiri kalo temen-temen merhatiin ada tiga lounge begituan. Yang pertama lounge-nya Garuda Indonesia, yang ada di sebelah baratnya loket check-in. Yang kedua Borobudur Lounge, yang ada di timurnya ruang tunggu, dan satu lagi Blue Sky, yang dari tempat bayar karcis pas masuk bandara itu belok kiri.

Borobudur Lounge oke, sama okenya sama Singosari Lounge di Surabaya. Bedanya suasananya lebih cozy di Singosari karena remang-remang, gak silau. Tapi sejauh yang saya pernah kunjungi, lounge favorit saya masih Blue Sky di Adi Sutjipto. Kenapa? Karena di sana custumer sangat dimanjakan bak raja! Tas diangkatin. Mau naik pesawat dianterin pake shuttle. Ujan dipayungin. Tapi yang paling enak adalah check-in-nya di check-in-in sama abangnya, jadi ga perlu ngantri-ngantri. Kita tinggal duduk aja di lounge nunggu boarding pass datang sambil menyantap menu tersedia. Dan itu semua gratis tis tisss!

Ini adalah loket check in di Bandara Juanda. Gak ada hubungannya sama lounge-lounge yang diceritain sih. Cuma pengen bilang kalo di Blue Sky Adi Sutjipto, kita ga perlu ngantri kayak gini hihi.

Trivia: Karena Clara dan Mba Mira belom bisa masuk ke lounge-lounge itu dengan gratis, saya pun ga lama-lama nongkrong di sana dan berniat keluar menyelundupkan roti-roti atau makanan apapun yang bisa dibawa keluar buat Clara dan Mba Mira. Tapi apa daya, niat saya tidak terealisasi karena gak ada makanan yang bisa diselundupkan keluar, dan pas ada yang bisa saya masuknya ga bawa tas.

The Delay

Maaf bagian ini bakal akmen banget.

Saya tidak habis pikir kenapa orang masih mau naik penerbangan singa padahal udah jelas si singa raja delay, pesawatnya butut, tapi mahal sampai akhirnya saya mengingkari janji pada diri saya sendiri gak akan naik si singa karena terpaksa.


Saya mencoba menganalisis kenapa orang masih mau naik singa. Kalau kita buka websitenya, liat-liat jadwal penerbangan dan harganya, penerbangan singa kelihatannya memang menarik:

Satu. Jadwalnya enak: ada yang pagi banget jadi bisa tiba di tujuan sebelum jam kerja, ada yang siang-siang, ada yang malem setelah jam pulang kantor. Satu rute misalnya Jogja-Jakarta aja dalam sehari ada lima penerbangan. Dibandingin Mandala sama Air Asia yang sehari cuma ada dua penerbangan, si singa ngasih lebih banyak pilihan. Ini memang bikin harga tiketnya singa sedikit lebih mahal dari dua maskapai langganan saya yang mangkal di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Jakarta, tapi orang cenderung mau bayar sedikit lebih mahalnya untuk jam-jam yang enak itu.

Dua. Penerbangan singa udah punya lebih banyak rute. Alasan utama kenapa saya ke Lombok-nya naik si singa adalah karena Mandala dan Air Asia gak punya rute Jogja-Mataram!

Tapi di balik dua competitive advantage yang dimiliki si singa, ada pula kelemahan yang mungkin belum teman-teman sadari, yang bikin singa jadi raja delay.

Satu. Si singa tidak akan terbang kalau cost untuk terbangnya belum ketutup sama uang-uang dari penumpang. Jadi si singa akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya penumpang dalam satu penerbangan. Hal ini berkontraindikasi (halah) dengan pilihan jadwal terbangnya yang sehari bisa lima penerbangan untuk satu rute.

Misalnya dalam satu hari singa punya jadwal terbang Jogja-Jakarta jam 7, 8, 9, 18, dan 19. Kalau penumpang di penerbangan jam 7 dan jam 8 terlalu sedikit, mereka akan digabung ke penerbangan yang jam 9. Akibatnya, penumpang yang harusnya terbang jam 7 dan jam 8 didelay. Hal ini dilakukan si singa supaya cost terbangnya efisien. Memang, untuk mendelay penerbangan itu muncul cost lagi seperti buat nyediain snack. Tapi si singa udah ngitung, ongkos buat nyediain snack pasti lebih murah daripada ongkos dia nerbangin pesawat kalo penumpangnya terlalu sedikit.

Buat si singa, snack cost sepertinya udah jadi fixed cost.

Dua. Karena si singa terbangnya di prime time, dia emang gak bakalan on time karena keterbatasan bandara. Bayangkan ketika banyak pesawat jadwal terbangnya di prime time, sebut saja jam 7 malam, pesawat-pesawat itu bakal ngantri di runaway buat nunggu giliran take off. Ini saya alami dalam perjalanan pulang dari Lombok, di penerbangan Surabaya-Jogja. Ngantrinya aja habis 20 menit, udah setengah jalan sendiri itu kalo terbang.

Tiga. Rute yang bermacam-macam yang ditawarkan oleh si singa itu diwujudkan dalam bentuk penerbangan transit. Mekanisme penerbangan transit ini ternyata agak rumit. Contohnya: gimana si singa tahu koper saya di bagasi tujuannya ke Mataram, bukan ke Surabaya? Gimana caranya si singa memastikan bahwa semua bagasi tujuan Mataram dari berbagai kota udah masuk ke pesawat yang bakal terbang ke Mataram? Kenapa buat transit kita harus menunggu?

Saya baru tahu kemarin, penerbangan transit misalnya yang ke Mataram, itu gak dari Jogja doang. Ingat, si singa punya banyak rute. Kita harus menunggu transit karena nungguin pesawat-pesawat dari kota lain yang membawa penumpang yang ingin ke Mataram juga. Jadi meskipun pesawat kita dari kota asal ke kota transit udah gak delay, kita tetap berisiko penerbangan lanjutannya didelay. Kayak kemarin, dari Jogja ke Mataram saya kena delay 2 jam. Kata abangnya, pesawatnya yang buat ke Mataram itu udah ada dari tadi, tapi mereka nungguin pesawat dari Jakarta yang didelay, yang bawa penumpang tujuan Mataram juga.

Pesan moral: kita harus bisa mengukur kapasitas kita. Janganlah kita memberi customer berbagai pilihan service yang belum tentu bisa kita handle dengan sempurna.

2 comments:

  1. El-john emg gak bgt sa hahahhahaha,,, btw klo pake kartu kredit BNI nggak perlu ngantri kok untuk check-in,, brg juga di bwin sm abang2nya hehehehe,,, kita tgl ngg di lounge nya aja smbil makan hehehehe :p

    ReplyDelete
  2. Iyo mba, masa AC nya lebih dingin di luar haha. Dimana mba yg kalo pake kartu kredit BNI check in nya juga kyk raja?

    ReplyDelete