Sunday, October 31, 2010

Umbulharjo: Desa KKN-ku Sayang, Desa KKN-ku Malang

Desa Umbulharjo terletak di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Secara geografis, sebelah barat Desa Umbulharjo berbatasan dengan Desa Hargobinangun Kecamatan Cangkringan, sebelah timur berbatasan dengan Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan, sisi selatan berbatasan dengan Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan, dan sisi utara berbatasan dengan Gunung Merapi. Desa Umbulharjo memiliki luas wilayah sebesar 264,2 Ha dan terletak 600 sampai dengan 900 m di atas permukaan laut. Desa Umbulharjo terdiri atas 9 buah dusun, 1317 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 4380 jiwa.

Saya ngopi paragraf di atas bukan dari Metro TV, tapi dari proposal KKN unit saya yang dibikin 7 bulan yang lalu. Who knew my KKN village would be so popular? T.T

Tepat dua bulan yang lalu, tanggal 31 Agustus 2010, KKN-PPM UGM Unit 62 yang beraksi di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY, kembali ke kota. Kami upacara penarikan di Kantor Kecamatan Cangkringan, dinasihati Pak Bejo Mulyo, S.Pd. di Balai Desa Umbulharjo, perpisahan sama bapak ibu juragan pondokan.

Hari itu balai desa sepi. Cuma ada Pak Lurah Bejo Mulyo S.Pd, sekdes, dan mobil mereka yang diparkir di halaman. Plang-plang “Barak Evakuasi Umbulharjo, “Titik Kumpul Pengungsi”, dan kawan-kawannya waktu itu cuma sekadar plang yang tidak berarti~ makanya gak ada fotonya. Gak pernah terbesit di otak saya dan semua teman KKN saya balai desa itu bakal benar-benar jadi tempat ngungsi.

Balai Desa Umbulharjo. Courtesy foto: Adi Purwantoro.
Gak ada muka saya, waktu itu lagi di Posyandu zzz.

Demi Tuhan ini bukan saya yang pegang kamera soalnya saya ada disitu~ gosong.
Maksudnya foto ini: buat dibandingin sama foto dapur darurat ntar di bawah.


Don't mind the model nor the colour of the picture. Ini difoto pake lensa jamuran, tapi waktu itu belom dong kalo itu jamuran. Lagi males ngedit foto juga. Yasudalah~ haha.
Maksudnya foto ini: Balai Desa Umbulharjo kosong melompong, cuma ada Gya in action.


Hari ini, tanggal 31 Oktober 2010, dua bulan kemudian, Desa Umbulharjo lebih sepi lagi. Dari yang saya baca, di sana hampir tidak ada tanda-tanda kehidupan. Yang tersisa tinggal tentara-tentara yang jagain desa biar gak ada penjarahan harta benda. Lebih lagi setelah erupsi tanggal 30 Oktober 2010 dini hari yang abunya sampai ke Bantul. Saya kayaknya bisa bayangin desa kkn saya jadi desa mati :|

“Kita udah ngungsi ke rumah sodara di deket Prambanan, Mbak,” kata Mas Rinto di smsnya.
“Alhamdulillah, ati-ati ya Mas di sana, terus kabarin kita,” jawab saya.
“Iya Mbak. Takut rumah ancur mbak…”

Sedih banget bacanyaaa T_____T Ya emang takut siiih T.T Gak bisa ngebayangin rumah Mbah Supar, Bu Kedah, dan Pak Waji sekarang bentuknya kayak apa. Di kosan saya Jakal km. 5.6 aja debunya tebelnya 2cm dan abu belom berhenti terbang-terbang. Gimana disanaaa? T.T

Saya, Clara, Aci, Tiwi, Intan sangat bersyukur udah sempat kesana buat nengokin Mbah Supar, Mas Rinto, Pak Waji, Bu Waji, dan Elis dan mengantar sumbangan buat para pengungsi.

Ini foto Balai Desa Umbulharjo yang jadi tempat pengungsian tanggal 29 Oktober 2010 siang. Masih aman tentram dan damai… Gak nyangka banget, siangnya kami kesana, malemnya Merapi meletus lagi dan hujan abunya sampai Bantul…






Besok, akankah desa kkn kita tercinta masih ada? T.T

Buat kita kunjungi lagi...
Main ke rumah Mbah Supar dan Mas Rinto bawa Jogcik, soan ke rumah Bu Kedah, bawain oleh-oleh buat Pak Waji dan Bu Waji sama Elis, masak pakai kompor biogas bikinan kita...
Nengokin adek-adek dan bapak ibu guru SD Gondang dan SD Pangukrejo...
Main bola sama pemuda desa: Mas Acong, Mas Ristanto, Mas Arif, Mas Wahyu...
Foto-foto di Merapi View, Jembatan Plunyon, dan Kali Adem...
Belanja di Tumbuh Minimarket dan makan Tumbuh Fried Chicken...
Ngasih makan sapi di rumah Pak Waji…

14 comments:

  1. jadi sedih bacanya sa....
    ada wacana agar jangan ada lagi warga yang tinggal di desa tersebut karena berbahaya, tapi ga tau itu jadi atau ga..

    ReplyDelete
  2. ya emang sedih clar :( maksudnya jangan tinggal disana sekarang apa untuk selama-lamanya clar?

    ReplyDelete
  3. iyaa..sedih banget kalo inget semua kenangan KKN UNIT 62 di umbulharjo..
    butuh perjalanan panjang sampe akhirnya kita fix KKN disana..setelah muter" imogiri, parangtritis, jl magelang, akhirnya kita berjodoh dengan umbulharjo..
    walau cuma 2 bulan tinggal disana,tapi udah berasa deket sama lingkungan sana..mulai februari kita udah bolak balik ke umbulharjo,survei lokasi,ngobrol" sama warga setempat,dll..
    selama 2 bulan kemaren KKN, gak terlintas sama sekali bakal ada kejadian kaya gini..
    umbulharjo yg hijau asri, sejuk, lingkungan yg ramah, canda tawa bocah" desa, dan banyak hal indah lainnya mungkin udah gak bisa lagi kita temui disana..
    semoga keluarga umbulharjo selalu diberi ketabahan dan ketegaran dalam menerima musibah ini dan selalu dalam lindungan Allah swt..
    amiiiiinn...

    ReplyDelete
  4. amiiin ya robbal alamiiin... T.T semoga peristiwa alam ini cepat selesai, sudahi perih ini...

    ReplyDelete
  5. Yudistira YudadisastraOctober 31, 2010 at 10:05 PM

    Nice Post Sa, bisa membuka pikiran kita bahwasanya kita tidak akan pernah tahu di waktu mendatang akan terjadi apa.
    Doa dan semangat tmn2 KKN mu bs menjadi salah satu pelita dihati masyarakat Desa Umbulharjo.
    Desa KKN yang meninggalkan sejuta kenangan untukmu dan kawan-kawan. Teruslah beri mereka harapan untuk senantiasa bisa bertahan.

    ReplyDelete
  6. saya juga sedih sih... :D *macak melu sedih*

    ReplyDelete
  7. @yudis: makasih yudis, iya yudis, komenmu inspiring sekali T.T

    @DK: jangan begitu DK, gunung di maluku juga aktif loh sekarang~ gimana nasib jailolo mu nanti?

    ReplyDelete
  8. btw, yg ketempatan di wilayah desa Balong sapa aja yah?? dulu aku jg KKN di balong tahun 2009..

    kmr sabtu, kita tmen2 kkn yg desa balong dah pada nemuin para pduduk balong di pengungsian, alhamdulilah mreka sehat smua..

    ada rencana kita mau ke barak lagi, yah kalau bs sma KKN 2010 yg di balong. cm kita g tau sapa aja yg 2010 kmr KKN di balong and gmn contactnya.. Thanks..

    ReplyDelete
  9. @fiera: T.T sudahkah kamu menengok simbah dan mas rinto pasca erupsi?

    @greza: alhamdulillah... sekarang mereka tinggal di barak mana kak abis meletus yg sabtu? coba mention lucky (P) @luckylatifah dan hendra (L) @axsasukawijaksa di twitter kak, mereka yang dulu di subunit balong. hendra kormasitnya. dulu tinggal di rumahnya siapa kak?

    ReplyDelete
  10. Sedih gw sa bacanya, huhuu... wish the best buat desa KKN Umbulharjo, sekitarnya dan tentunya seluruh wilayah jogja..... Semoga cobaan ini cepat berlalu dan meletusnya merapi bisa membawa berkah untuk lingkungan sekitar ke depannya, amiiin.....

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. kbetulan tempat tinggal ku dulu di tempat bu kedah juga. kita waktu itu temanya tentang yoghurt. unit kita dulu 132 and kita jg ada FBnya kok. googling ajah ntar ktemu..

    btw, dulu camp gondangnya dmn?? utk yg sektor gondang, 2009 kmr kormasitnya gibran bima Ghafara, kl yg sektor panguk kormasitnya dani.

    bu kedah ama warga weron ada di gor uii tp kalo selain weron ada di wukirsari dik..

    oya, si hendra nya punya FB g? aku minta alamat FBnya aja.

    thanks B4..

    ReplyDelete
  13. @vani: amiiin ya robbal alamin, makasi ya van doanya...

    @greza: oh gitu, sip kak makasih ya kabarnya. kapan2 nengokin bareng. kalo kemaren unit 62 temanya biogas. subunit gondang di rumahnya mbah supar kak. oke kak nanti aku googling.

    fesbuk hendra http://www.facebook.com/profile.php?id=1347396198

    ReplyDelete