Friday, December 16, 2011

Akhirnya Singapur Juga! - Bagian 1





Setelah gagal ke Singapur awal tahun 2011 dan malah ke Bandung! gara-gara Mandala bangkrut, akhirnya saya berangkat juga sama Clara, Debie, dan Citra seminggu yang lalu. Alhamdulillah yah! :D

Sebenarnya, saya agak deg-degkan pergi ke Singapur. Pernah waktu SMP, kalau gak salah tahun 2004 pas kenaikan ke kelas tiga, pergi ke Singapur sama sekolahan dalam rangka study tour, dan pulang dengan rasa kecewa. Menurut saya di Singapur gak ada apa-apa, gak ada yang istimewa. Pengalaman paling traumatis yang bikin saya enggan banget ke Singapur lagi adalah berbelanja di Mustafa Center. Syok banget tempat jelek busuk gitu, yang jual barang-barang yang gitu-gitu aja pula disebut objek wisata. Untungnya, mungkin karena traumanya udah ilang dan diajak teman-teman, enam tahun kemudian saya udah agak mau ke Singapur lagi.

Pas udah lebih dewasa dan berwawasan lebih luas daripada waktu SMP dulu, saya mulai bisa mengerti serunya Singapur. Ada tiga hal yang luar biasa berkesan buat saya: pertama air minumnya, kedua sistem transportasinya, dan ketiga tentu saja Universal Studios-nya.


1/ Air Minum
Di Indonesia, kalau kita haus di tengah jalan kan bisa tinggal beli minuman seharga dua sampai tiga ribu rupiah--sejumlah harga yang wajar dan tidak terlalu material. Sementara di Singapur, harga Aqua botol 600ml produksi Danone ituh adalah dua sampai tiga dollar~ yang satu dollar-nya setara dengan Rp7000,-. Saya langsung syok. Gilak ini orang Singapur tajir-tajir bener apa gimana sih, masa air minum 600ml harganya dua dollar!!!

Ternyata saudara-saudara, kayaknya air mineral botolan itu mahal karena di Singapur air krannya bisa diminum. Pertama kali tahu ini dari Mas Danang, seorang arek Suroboyo yang nginep di hostel yang sama dengan kami dan berkenalan pas sarapan. Entah kenapa saya gak percaya. Mungkin karena saya ndeso dan kran di hostel tidak memberikan keyakinan yang memadai buat diminum airnya yang ngocor dari situ -_- Tapi terus barusan saya tanya juga ke Ian, teman kuliah saya yang super gaul dan pernah exchange ke Singapur, dia bilang selama tinggal di sana dia minum air kran :|

Tapi kan tetep aja gak unyu bangeeettt posenya kalo lagi minum dari kran~ :') Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan bawa botol sendiri, trus direfill di kran-kran yang kita temui di jalan. Tapi karena kemarin saya kelewat pelit (atau kelewat miskin?), spend $2 buat beli air mineral biar punya botol aja rasanya berat banget hahaha. Akhirnya dibuat pelajaran aja, pas ke Singapur lagi suatu hari nanti, bawa botol sendiri dari rumah hihihi.


Bersambung! :D


Photo credit:
Lady in red shirt and blue short: Debie Novalia
Lady in black shirt and brown skirt: Puspitacitra Kusumawardhani

3 comments:

  1. Hahaha...klo aku walaupun udah tau air kran bisa diminum, tiap malam pasti milih air di termos buat dimasukin ke botol minum sendiri, masukin ke kulkas, terus besok paginya dibawa jalan seharian :D

    ReplyDelete
  2. sesama korban Mandala dan orang Jogja ya kita.. Foto-foto di Singapurnya dibanyakin lagi di post.

    ReplyDelete