Wednesday, December 28, 2011

Akhirnya Singapur Juga! - Bagian 3

Well, karena di post "Akhirnya Singapur Juga! - Bagian 2" saya sudah menulis sangat eksposisional, sekarang saya mau nulis random trivia dan majang foto saja hahaha. Deskripsi tentang Universal Studios Singapore (berikutnya disebut USS) dan ride yang ada di sana udah banyak dan lengkap banget soalnya di Internet, jadi biar gak dibilang nyontek saya cerita yang lain aja hihi.


The Globe
  • Berfoto yang bagus berlatar globe UNIVERSAL itu ternyata tidak semudah yang kita pikir teman-teman. Tantangan terbesarnya adalah: globe-nya muter. Walaupun tulisan UNIVERSAL-nya ada dua sehingga pasti kena tulisannya, tetep aja banyak orang yang kurang beruntung dapet background-nya pas bagian globe yang diarsir putih tuh~ (Sumpah demi Allah saya pernah liat foto orang yang gagal banget kayak gitu, buat pp facebook pula, tapi lupa siapa.)
  • Menunggu sampai dapet pas dapet UNIVERSAL yang bener pun masih banyak cobaannya: banyak orang berseliweran, atau tadinya background kita udah kosong trus tiba-tiba ada segerombolan orang datang buat berfoto juga dan ikut-ikutan jadi background kita, atau dengan unyunya salah fokus kayak foto saya yang buat cover post ini :') Udah gitu, di globe-nya itu ada asep-asepnya juga buat dekorasi, yang kadang-kadang nutupin tulisan UNIVERSAL-nya dan bikin kita cuma foto berbackground asep doang.
  • Solusi: tunggu sepi aja kakak, misalnya habis makan siang (eh tapi kalo habis makan siang mataharinya gak asik sih buat foto) atau jam 5 sorean local time. Gak papa lah di tengah petualangan kita di USS kita keluar sebentar buat foto di globe-nya. Yang jelas, jangan berfoto pas USS-nya mau buka, soalnya ribuan orang bakal ngantri dan memadati alun-alun yang ada globe-nya itu. Terus biar gak salah fokus, F-nya pasang angka yang gede aja, 10-16an gitu. Kalau pake kamera poket dan bisanya auto doang malah lebih aman kayaknya.

Locker
  • Banyak ride di USS yang manuver-nya sangat progresif dan tidak memungkinkan pengunjung bawa tas, kamera, bahkan hape dan dompet pas naik wahana. Akibatnya, barang-barang kita itu harus dititipin di loker. Awalnya, saya pikir lokernya kayak tempat penitipan barang di musola atau di karfur Indonesia gitu, yang ada manusianya, kita nyerahin barang trus petugasnya ngasih kita nomer. Tapi halooo, ini Singapur yang canggih, yang saya rasa prinsipnya "Kalau bisa gak pake manusia gak usah pake manusia!". Lokernya pun canggih pisan kakak, semuanya computerized.
  • Memakai loker ini gratis selama 30 menit. Kalau lebih, kita harus bayar 3 dollar buat ngebuka lokernya lagi. Ini cacat sebenarnya > Gimana mau ngambil duit 3 dollar kalo duitnya ada di dompet dan dompetnya di dalem loker??? Ini saya alami beneran sama teman-teman, dan akhirnya kami pinjem duit dulu sama orang India yang baik hati :') Foto loker dicopy dari sini.


The Ride
  • Seumur hidup, saya cuma pernah ke 3 theme park: Dufan di Ancol, Pasar Malem Sekaten di Jogja, dan Universal Studios Singapore. Kalau mau kejam ngebandingin, tentunya USS yang paling oke. Saya gak bisa berkata-kata buat nyeritain betapa serunya mainan di sana, teman-teman harus nyobain sendiri!!! Semuanya G A U L kecuali Jurassic Park Canopy Flyer. Yang jelas, sekarang kalo saya nonton video ride-ride USS di yutub, saya terharu dan sesek napas, pengen kesana lagi T_T
  • Kalau mau direngking, ride favorit saya di USS nomer 1 adalah Revenge of the Mummy, nomer 2 Duelling Rollercoaster Battlestar Galactica, dan nomer 3 adalah Transformers: The Ride. Please don't ask why :') Bukannya saya gak bisa jawabnya, tapi jawaban saya adalah spoiler semua, males kan, hahaha. Waktu ke USS kemarin, saya dan Clara sampe naik The Mummy dan Transformers dua kali. Keren banget kakak, nagih abis.

Mamamam
  • Di Universal Studios, harga F&B-nya mahal-mahal pisan, kisaran 10 sampai 15 dollar padahal makanannya cuma begitu doang. (Sila tengok post Clara "nom nom nom" tentang lunch kami di Universal Studios dan beberapa makanan di Singapur.) Kalau teman-teman duitnya banyak mah gak masalah, tapi kalo dollarnya terbatas, akan sangat baik sekali bawa sangu dari luar Universal Studios atau bahkan luar Pulau Sentosa buat makan siang dan kudapan. Pesan untuk membawa botol sendiri berlaku juga di sini.
  • Buat temen-temen yang Muslim, selalu ingat untuk NANYA makanannya halal apa enggak. Halal dalam artian bebas babi baik daging maupun minyaknya dan hewannya disembelih pakai bismillah. Paling aman sih makan ikan, soalnya ikan gak pake disembelih-sembelih dan gak mungkin dipakein minyak babi karena ikan dan babi aromanya beda banget (katanya).
  • Di Universal Studios, food court yang jelas mendeclare makanan yang mereka jual halal adalah yang di kawasan Madagascar. Tempatnya emang enggak banget apalagi kalo dibandingin sama food court di kawasan Jurassic Park yang udah kayak di restoran filmnya betulan, di mana si Tim dan Lex dikejar-kejar raptor, tapi apa daya~ :D

(Masih) Bersambung gak ya~ :D

4 comments: