Sunday, July 19, 2009

Organisasi Pengemis

Pas pulang kampung ke Jakarta buat nyontreng kemaren, gue diajak nonton film Slumdog Millionaire sama adek gue. Awalnya, sebenernya gue agak males. Gue udah dipinjemin juga sama temen kos gue dari dulu, tapi sampe akhirnya diminta lagi sama dia belom gue tonton juga. Mungkin karena itu film India, dan film India itu bukan selera gue. Tapi karena gue sama Jojo sama2 gak bakal nonton itu kalo sendirian, akhirnya kami pun nonton bersama-sama sambil makan french fries. Biar gak ketinggalan jaman banget gituu.

Sumber: Google.com

Dan setelah gue selesai nonton filmnya, ternyata Slumdog Millionaire berbeda dari film India pada umumnya, hahaha.

Gue menulis post ini bukan untuk mereview filmnya, tapi untuk berbagi cerita tentang pengalaman gue bersama pengemis2 di jalanan kota Jakarta.

Film Slumdog Millionaire mengingatkan gue pada sebuah tulisan di diary *ce elah diary* semasa SMA. Tulisan di bawah ini gue salin dari diary itu. Tanggalnya: 16 Desember 2006. Gue agak ketawa2 dikit sebenernya pas membaca2 lagi diary gue jaman dulu. Rasanya kok bodoh bangeeet. Tulisan macam apa ini bahasanya jelek sekali, berantakan sekali, ga beraturan, aaaaaa. Tapi biarlah. Berarti makin tua gue makin beraturan, hahaha.

Dua hari yang lalu, hari Jumat, gue kan pulang sendiri naik busway, pas gue turun dari busway, di halte Bendungan Hilir, di jembatannya tu gue ngeliat ada 4 (baca: EMPAT) pengemis berjenis kelamin laki-laki, dengan keadaan yang sama: (maaf ya, nauzubilah minzalik) matanya buta, kalo ga satu ya dua2nya. Mereka semua pake tongkat dan gue liat tongkat itu sama semua: terbuat dari aluminium, di ujung atas ada tali elastis warnanya item, dan di badan tongkatnya ada stiker warna merah. Semuanya kayak gitu.

Satu hal yang gue pikirin waktu liat anomali itu: mereka pasti ada yang punya. Kayak anak jalanan yang diurus sama preman gitu, ini juga sama. Cuman ini udah tua2 dan cacat. Gak mungkin mereka yang buta itu bisa punya tongkat yang bagus dan sama semua karena kebetulan.

Contoh keanehan lain pada pengemis. Pernah liat pengemis anak kecil yang minta2 di metro mini atau kopaja yang ngemisnya pake amplop trus ada ngemeng2nya kan? "Kami butuh biaya untuk sekolah. Ayu ibu kami sakit, tidak bisa bekerja untuk membiayai sekolah kami, jadi terpaksa kami minta pada Bapak / Ibu / Kakak / Om / Tante yang dermawan......" bla bla blaaa dst dst dst.

Sekarang gini deh. Kalo emang dia butuh duit buat sekolah, berarti dia sekolah dong? Yang gue ga ngerti itu mereka sekolahnya kapan, kalo pas jam2 yang seharusnya anak SD sekolah itu mereka malah minta2 buat biaya sekolah, keliling Jakarta dari bis ke bis dari angkot ke angkot tanpa alas kaki. Jadi kalo mereka ngemis buat biaya sekolah, mereka pasti bohong.

Kedua, secara mereka alas kaki aja gak punya, mana mungkin mereka punya komputer atau mampu nyewa komputer dan beli amplop buat dikasih ke kita untuk kita isi di bis? Belom ngeprintnya. Kertasnya. Semuanya deh. Semuanya gak masuk akal. Mereka pasti kerja buat orang.

Bokap gue bilang, orang ngemis tidak selamanya miskin. Bisa aja mereka males kerja dan milih ngemis aja. Bisa juga mereka nganggap ngemis itu kerja. Emang definisinya kerja tu apa sih? Do something to earn a living kan? Itulah yang mereka lakukan.

Pernah juga ya gue pulang dari rumah Negi di Bintaro sendirian naik angkot S 08 warna merah (dan pas itu gue ngerasa Bintaro jauuuuh banget). Gak lama dari gue naik angkot itu, ada pengemis anak kecil naik juga ke angkot yang gue naikin itu. Lumayan, dia pake sendal. Dia bawa amplop2 yang ditempelin ketikan minta biaya buat yang sekolah itu dan gue dikasih salah satunya. Gue kasih tu anak lima ribu.

Tapi pas dia buka amplop gue, dia gak keliatan bersyukur pada Tuhan atau berterima kasih sama gue bahkan seneng pun enggak. Beberapa saat kemudian, pas nyampe satu pertigaan atau perempatan gede gitu gue lupa, dia turun. Trus dia nyamperin orang gitu. Pas angkot gue jalan lagi, gue masih bisa liat anak kecil pengemis itu nyetor lima ribu gue ke orang itu. Gue sedih banget ngeliatnya.

Jadi, kehidupan slum yang ada di film Slumdog Millionaire itu, terjadi juga di Indonesia, in our beloved very city of Jakarta, the capital city of Indonesia. Di Jogja ada begituan juga gak ya?

7 comments:

  1. makanya sa,aku sering mikir2 kalo ngasi pengemis..lama2 mereka bisa ketergantungan..kalo pengemisnya masih muda dan masi kuat kerja biasanya ga aku kasih...mereka bisa keterusan jadi pemalas nantinya

    ReplyDelete
  2. kasus diatas emang masih menjadi dilema

    ReplyDelete
  3. ah, iya uda liat Slumdog! oke juga lah... meski penutupnya tetep ada joged2nya, tapi saya suka lagu Jai-Ho! hehehe...

    aku sendiri pernah denger cerita (cuma denger, gag liat langsung) katanya ada pengemis, yang kalo uda selesei ngemis, pergi ke tempet tersembunyi, trus ganti baju, trus pulang naek Mobil! wakakak... kalo itu bener2, parah juga, ya...

    dulu pernah juga liat di Reportase Investigasi Trans TV yang mengungkap make up palsu pengemis. jadi kalo kamu liat pengemis yang ada luka-luka korengnya, gitu... bisa-bisa luka buatan dari kapas sama cat! nah, lo...

    ReplyDelete
  4. gue juga pernah ad pengalaman lyat pengamen g bmoral. di bus jakarta biasa tuh ibu2 bawa anak trus ngamen. yg gue lyat itu 2 ibu yg masing2 bawa anak kecil 3-5 thnan (gue lupa) naek metro mini. trus,, anak2nya bagiin amplop, trus ngamen b2.. eh,, si ibu b2 malah ngobrol, ckckckck....
    mank bener bgt, di indonesia jg para pengemis itu ad asosiasinya, dan anak2 digunain krn mreka blum bs mikir rasional. tp mudah2an g skejam di Jaiho yg sampe mata bener2 dibutain.

    ReplyDelete
  5. klo aq akan ngasi duit ke pengemis klo yang ngemis itu nenek2 ato kakek2,,, sedih aq ngeliatnya,, :(

    ReplyDelete
  6. eh iya lupa,, tuh kan dari dulu ku suru nonton gak mau,,, :)

    ReplyDelete
  7. @mas saiqa: SETUJUUU!!!

    @clara: ciye mba CA, "kasus di atas memang masih menjadi dilema"

    @navan: kata adekku van, itulah bagusnya india, mereka masih mempertahankan tradisi, hahaha.

    wow ekstrem sekali!!! itulah salah satu bukti mengemis jaman sekarang ini sudah dijadikan profesi. hampir sama lah kayak bintang film, pas kerja pake "makeup dan kostum" hahaha.

    @vani: kalo bapak gue komentarnya soal relasi ibu-anak yang seperti itu van: "ibunya sendiri aja gak peduli sama anaknya, ngapain aku susah2 peduli?" (emang bapak gue agak sadis)

    kalo yang buta2 gue liat di jembatan Bendungan Hilir itu kayaknya ga dibutain kayak di film, tapi bosnya emang ngumpulin yang cacat macam itu dalam satu organisasinya dia. eh tapi gatau juga van, soalnya butanya itu seragam gitu. jangan jangan... jangan jangaaaaaannn...

    @mba yoan: iya sih, kalo yang uzur2 gitu aku juga suka kasihan ngeliatnya :( hehehehehe abis dvd yang dipinjemin mba yoan itu covernya gak menarik :D ternyata emang official movie posternya biasa aja gituu hahaha

    ReplyDelete