Thursday, February 2, 2012

Akhirnya Singapur Juga! - Bagian 4

Gara-gara teman saya Aysela nanyain waktu di Singapur nginep di mana, saya jadi pengen cerita tentang The Little Red Dot, hostel yang saya, Clara, Debie, dan Citra inepin. Nginep di hostel adalah satu dari pengalaman paling berkesan di Singapur, tapi karena hostel gak cuma ada di Singapur dan mungkin gak semua hostel di Singapur kayak The Little Red Dot, cerita tentang hostel jadi gak termasuk yang Singapur-banget. However, karena ini pengalaman pertama saya dkk nginep di hostel, rasanya jadi seru banget haha.

The Little Red Dot ini bentuknya semacam ruko, lebar pintu depannya cuma lima meteran, nyempil di antara deretan ruko-ruko lain, tapi pas masuk ke dalemnya gede. Di lobby nya ada resepsionis, meja-meja untuk makan, komputer-komputer desktop dengan akses Internet yang bisa dipakai gratis, dan tivi buat main game dan nonton film. Sebenarnya saya agak gak paham ngapain itu ada komputer sama tivi, masa udah jauh-jauh ke Singapur kita cuma mendekam di hostel mainan Internet sama nonton DVD? Tapi kenyataannya bule-bule tengil yang nginep di sana sering make fasilitas itu tuh. Begitu pula di rooftop, ada kursi berjejer untuk suntanning, ayunan, dan meja kursi yang sering dipakai buat kongkow-kongkow sambil ngebir.

Satu kata yang saya rasa paling tepat untuk menggambarkan suasana di Little Red Dot adalah: homy. Kayak kos-kosan! Pas check in, kita dikasih sprei dan sarung bantal, disuruh masang sendiri. Terus setiap pagi ada sarapan roti lengkap beserta selainya, susu, dan sereal cornflakes atau honey star. Kita musti ngoles roti sendiri, bikin teh sendiri, dan habis makan nyuci alat makannya sendiri.

Kamar mandi di Little Red Dot ada di luar kamar tidur, bersih dan nyaman, dan airnya ngejos dan ada water heater-nya. Kayak kos-kosan persis. Ada banyak petunjuk dan instruksi tertulis pakai bahasa Inggris seperti nomor kamar mandi buat ngidupin/matiin stop kontak water heater sebelum/habis dipakai, jemur handuk dengan rapi supaya muat dipakai ramai-ramai, dan sebagainya. Di sana juga ada mesin cuci lho.

All photos of The Little Red Dot Hostel copied from tripadvisor website. Please click pic to enlarge.

Yang paling menyenangkan dari tinggal di hostel yang format kamarnya dorm gini adalah bisa ketemu sama orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Beneran, gak bohong. Teman sekamar kami ada yang datang dari Kanada, dari Filipina, dan masih banyak lagi. Ada yang tinggal di sana cuma sehari-dua hari kayak saya dan Clara, ada yang hampir seminggu kayak Debie dan Citra, ada pula yang berbulan-bulan kayak bule-bule tengil yang suka ngebir dan Mas Danang, arek Suroboyo yang pernah saya sebut di Akhirnya Singapur Juga! - Bagian 1.

Pak guru IELTS kami Mr Imam pernah bilang, orang Indonesia tenang aja kalau tes speaking IELTS, omongan kita pasti dimengerti dan dapet nilai bagus sekalipun logatnya medok akut a la suroboyoan. Yang bahaya itu orang Myanmar, Vietnam, dan kawan-kawannya. Entah mengapa pronounciation mereka gak jelas dan si lawan bicara harus konsentrasi penuh buat nangkep apa yang mereka ucapkan.

Nah, ini terjadi banget sama saya dan Clara di hostel. Yang punya Little Red Dot namanya Jonathan, orang Myanmar. Dia mengelola hostel ini sama beberapa rekannya. Hari pertama saya dan Clara tiba di hostel jam 6 apa jam 7 pagi, si Jonathan lagi tidur dan bete banget kami ngebel-ngebel. Saya dan Clara bilang pengen early check-in, buat naro barang-barang. Atau kalo gak boleh, nitip aja deh di kamarnya Debie sama Citra yang udah duluan di sana. Si Jonathan terus misoh-misoh, ngomong pakai bahasa Inggris cepet banget. Selama di hostel, si Clara gak pernah ngerti tuh si Jonathan ngomong apa. Pertama logatnya orang Myanmar sendiri kuping kita gak familiar, kedua karena Jonathan lama di Singapur logatnya kecampur Singlish pula.

Tapi alhamdulillah saya nangkep si Jonathan bilang apa. Dia bilang dia baru bisa tidur karena tadi malem abis party-party. Terus hari itu gak bisa early check in, karena bed di female dorm nya fully occupied, baru bisa check in jam 3 sore. Kalau emang mau check-in sekarang, yang kosong adanya di mixed dorm, campur sama bule laki-laki yang lagi mabok. Kalau mau ketemu temennya (Debie dan Citra) ya boleh-boleh aja. Sementara belom bisa check in, barang-barangnya dititipin di resepsionis gak apa-apa. Pas saya nanya boleh numpang mandi apa enggak, dia bilang silahkan saja. Mau sarapan silakan bikin roti panggang sendiri, mau nyusu ambil di kulkas, mau mandi silakan pakai kamar mandinya, mau mainan internet juga idupin sendiri aja komputernya. Yang penting jangan ganggu dia tidur! BAIK BANGET SI JONATHAN WALAUPUN NGOMONGNYA KAYAK KUMUR-KUMUR. Lumayan kan, hari pertama di Singapur saya dan Clara bisa mandi dan sarapan enak, nyaman, gratis pula.

Lalu kami mengerti kenapa ada ratusan--mungkin ribuaan--stickies di dinding sebelahnya meja makan itu. Isinya compliment-compliment dengan berbagai bahasa dari orang-orang yang pernah menginap di sana. Semuanya menyayangi Jonathan. The Little Red Dot emang lovable banget. Sayang kami gak sempat foto-foto di hostel. Mudah-mudahan bisa dapet kesempatan buat ke sana lagi yah :D

Ps. Saya sudah nemu foto berlatar globe UNIVERSAL-nya siapa yang failed banget, yang pernah saya ceritain di Akhirnya Singapur Juga! - Bagian 3. Gak usah saya sebut deh, silakan dilihat sendiri sadja~

Foto dicopy dari sini. Peace yah ^.^v

1. Haha ga ngerti gw mas jo ngomong apa. Btw parah betul fotonya mas aprilio dijadiin contoh foto yang failed hehe

2. thanks bgt udh posting :) btw mau tnya2 lg dong tntang little red dot, kalo cewe amanan di female dorm yak? kalo bawanya koper dorong aman ga ya (bukan backpacker) ? kan gabung sama stranger gitu thanks