Monday, December 13, 2010

Pengaruh Blackberry Terhadap Hubungan Percintaan – Bagian 2

Pengaruh Blackberry Terhadap Hubungan Percintaan: The Bad Thing

Blackberry, seperti yang telah disebutkan dalam post sebelumnya, adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, Blackberry sangat bermanfaat karena memudahkan manusia terutama para pasangan yang sedang terpisah jarak dan waktu untuk berkomunikasi secara timely—Blackberry mendekatkan yang jauh. Namun di sisi lain, Blackberry juga memiliki banyak mudarat—Blackberry menjauhkan yang dekat, seperti yang akan dibahas berikutnya.

The Dining Table

Pasti teman-teman pernah melihat—atau bahkan pernah mengalami—fenomena di mana satu keluarga berencana yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak; atau sebuah geng yang terdiri dari tujuh orang wanita; atau sepasang kekasih; (ceritanya) sedang makan bersama di sebuah restoran. Mereka duduk berhadapan di meja yang sama, tetapi mereka tidak mengobrol. Mereka hanya diam, menunduk, dan memandangi sambil memijit-mijit kotak kecil yang mereka pegang. Teman-teman bisa menerka sendiri apa kotak kecil itu.

Sungguh manusia ber-Blackberry berada dalam kerugian apabila waktu berkumpul bersama yang seharusnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga, kerabat, dan kekasih, malah dihabiskan untuk BBM-an (chatting menggunakan Blackberry Messenger) dengan teman yang entah dimana, atau meng-update status Twitter menggunakan Foursquare.

Tak adakah sedikitpun penghormatan bagi partner makan kita yang sudah meluangkan waktu untuk makan bersama? Atau kalau partner makan kita juga sibuk ngeliatin Blackberry-nya, tak adakah sedikitpun penghargaan untuk diri kita sendiri? Masa udah jauh-jauh dan mahal-mahal makan di restoran kerjaan kita cuma mainan Blackberry doang? Sayang banget!

Some Things are Better Left Unknown

Banyak potensi pertengkaran yang muncul di antara sepasang kekasih karena penggunaan Blackberry. Contoh yang pertama sudah disebutkan pada post sebelumnya, ketika pesan di BBM sudah read tapi tidak segera dibalas.

Contoh lain adalah kalau SMS atau BBM tidak dibalas tapi pasangan sudah bermain Twitter, atau sudah bermain Facebook, atau sudah mengupdate status dan mengganti foto BBM—itu artinya pasangan sudah memegang hapenya tetapi tidak serta merta membalas pesan. Apalagi kalau update-an status-status-nya adalah hal-hal yang belum diketahui pasangannya sebelumnya.

Pendek kata, Blackberry membuat para pasangan menjadi serba tahu, padahal terkadang ada hal-hal yang lebih baik tidak diketahui, atau diketahui tapi langsung dari pasangan sendiri. Karena memang itu poinnya being in a relationship, bukan? Getting to know each other from each other, bukan dari “memantau” kehidupan pasangan di dunia maya ataupun jaringan per-Blackberry-an.

Epilog

Kalo saya pribadi sih, kayaknya mau berhenti pake Blackberry kalo udah punya pacar atau udah menikah. Tapi kata teman saya kalo udah makin tua Blackberry dipake buat kerja T.T Saya bingungs.

5 comments:

  1. ahahhaa...jadi skripsi sekalian aja sa..XD

    ReplyDelete
  2. wahh.. untung aq ga pake BB sa... hehe..

    blom kepikiran juga pake BB..

    tentang meja makan.. menurutku kalo ama pasangan mesti bikin semacam policy... kalo aq biasanya d keluarga dibiasain no cellphone during family diner... hehe..

    tp ya kesepakatan antar pasangan juga si..

    ReplyDelete
  3. katanya banyak mudharatnya? kok cuma dua sa? hihihi.... hemm,, gak pengen pake BB aah~

    ReplyDelete
  4. lha kok cuman 2 sa???
    padahal,,aq dah nunggu2 sejak baca yang part 1 nya..
    hahahahhahaah

    brarti,,belum ada sanggahan yg kuat soal kenapa gak harus ber-BB...

    ReplyDelete
  5. @anday: aku mau nday ini jadi skripsi, tapi dosen FEB kayaknya ga ada yang bisa jadi pembimbingnya haha...

    @acil: iya cil, di rumah sama bapak ibu dan adekku udah gitu :| no cellphone on the dining table. kalo sampe megang hape langsung dimarahin T.T

    @vani: banyak van :( http://bit.ly/eYnioK

    @windasari: aku jadi terharu baca komenmu T.T maafkan aku karena telah mengecewakanmu... cekidot ya win http://bit.ly/eYnioK

    ReplyDelete